Prestasi Sutomo

Perpus Digital

PERPUSTAKAAN DIGITAL

SUTOMO 2

SUTOMO 2

Pembelajaran

Pembelajaran Online

INFORMASI

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum.

sd sutomo 1Murid Sekolah Dasar (SD) Sutomo 1 Medan meraih prestasi nasional dan internasional. Prestasi internasional dengan memperoleh medali emas diraih Wilsen Chandra Putra kelas 6-M pada 'International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) ke 11 di Bali pada 5-11 Oktober 2014. Demikian disampaikan, Helen, S.Si, Apt kepada Analisa, di ruang kerjanya, jalan Thamrin Medan, Senin (20/10). 

Dia menjelaskan keberhasilan Wilsen tentunya sangat membanggakan karena dari 14 negara yang ikut, murid SD Sutomo 1 Medan mampu menyumbangkan medali untuk Indonesia. 

Keberhasilan ini, katanya tidak luput dari pembinaan yang dilakukan sekolah terhadap murid-murid yang memiliki bakat di bidang akademik. “Guru-guru sudah mulai menjaring murid-murid berbakat sejak kelas IV SD. Jika di satu kelas ditemukan siswa yang berprestasi dan menonjol di bidang akademik seperti IPA, maka segera direkrut untuk dilatih setiap Sabtu. Jika sudah mendekati waktu lomba, intensifitas latihan ditingkat menjadi tiga kali seminggu,” katanya. 

Selain Wilsen, dua murid SD Sutomo 1 Medan juga meraih prestasi nasional yakni meraih medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada Mei 2014 lalu di Bali. Kedua murid tersebut, Juni Fransisca Onggani Winata, dan Valentio. 

Sementara Wilsen Chandra Putra mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan bagi dirinya, orangtua dan sekolah. Ke depan untuk lebih berhasil dirinya menyiapkan pada event yang lainnya di tingkat nasional. 

Soal cara belajar, Wilsen mengaku menyisahkan waktu selama 1 jam untuk mengulang pelajaran yang telah dipelajari atau akan dipelajari. 

Hal yang sama juga disampaikan Valentio dan Juni Fransiska Kedua juga menyediakan waktu khusus untuk belajar. Valentio malah sehari mencapai 2,5 jam lamanya untuk belajar. “Biasanya mulai pukul 19.00-21.30 WIB saya. Hasilnya, saya bisa meraih medali perunggu. Padahal ini ajang saya di tingkat nasional,” ucapnya. 

Sementara Juni Fransisca mengaku belajar di rumah hanya beberapa jam, sisanya belajar di sekolah. Tetapi, jika ada waktu luang tetap dimanfaatkan untuk belajar

Surat Lamaran dilengkapi dengan :

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fc Ijasah SMA
  3. Fc. Daftar Nilai SMA
  4. Fc. Ijasah S-1
  5. Fc. Transkrip Nilai S-1
  6. Fc KTP 1 lembar
  7. Pas Foto 3x4 berwarna 1 lembar
  8. Fc. sertifikat pelatihan, seminar, workshop yang mendukung posisi yang dilamar jika ada
  9. Fc. Referensi kerja jika ada

Lamaran diantar/dikirim ke HRD YAYASAN PERGURUAN SUTOMO - Jl. Letkol. Martinus Lubis No. 7 Medan

Propell

Diadakan Workshop untuk TOEFL iBT bagi guru-guru mulai dari tingkat SD,SMP,SMA Sutomo 1 dan Sutomo 2

Akses terbaru Website siswa di Android

Untuk mengunduh silahkan klik di sini : Unduh (download)

Hanya dapat diunduh langsung di Android dan oleh pengguna Android.

Untuk chatting Silakan Lihat di halaman ini : Unduh (Download)

Untuk informasi Chatting silakan kunjungi : Informasi

Empat siswa SMA Sutomo 1 Medan meraih medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2014 di Mataram-Nusa Tenggara Barat (NTB). Keempat siswa Sutomo meraih satu medali emas, satu perak dan dua perunggu.

Demikian disampaikan Kepala SMA Sutomo 1 Medan, Ir. Khoe Tjok Tjin kepada wartawan di kantornya, Jalan Letkol Martinus Lubis Medan, Senin (8/9). 

Khoe Tjok Tjin mengatakan, keempat siswa yang memperoleh medali yakni, Toby Rufeo meraih medali emas kategori Astronomi, Prabowo meraih medali perak kategori Komputer dan Ryan Eka Cahaya meraih medali perunggu kategori Fisika dan Brian Yaputra meraih medali perunggu kategori astronomi.

Toby Rufeo mengaku persaingan sangat berat pada OSN di Mataram yang diglar 1-7 September 2014. Menurutnya, siswa-siswi dari Pulau Jawa memang sangat luar biasa dari segi kemampuan dan kecerdasan. “Dengan memperoleh medali pada OSN di Mataram ini membuktikan bahwa tradisi medali emas oleh siswa-siswi Sutomo 1 tidak pernah lepas,” katanya. 

Dia mengaku saat lomba ada ujian teori, pengolahan data dan observasi. Tetapi saat observasi terkendala cuaca terpaksa ujian dialihkan dengan menggunakan peralatan teleskop. “Juri melihat bagaimana kita menggunakan teleskop. Untung saja, kita sering latihan dan di sekolah ada alatnya jadi tidak canggung. Kita latihan melihat bulan di sekolah malam hari sampai pukul 23.00 WIB,” katanya. 

Toby berharap dengan merolehan medali ini dia dapat mengikuti olimpiade astronomi tingkat internasional yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2015 dan menargetkan bisa menyumbangkan medali emas. 

Sementara Prabowo yang ikut kategori komputer juga mengakui persaingan sangat berat. Pada ajang OSN ada empat soal yang semuanya tentang program dan diharapkan ada produk yang bisa dihasilkan. “Di kategori komputer nilai kita bisa langsung dilihat. Syukur dapat medali perak. Kita akan giat berlatih sehingga bisa ikut seleksi untuk ajang lebih tinggi di tingkat internasional,” katanya.

Sementara Ryan Eka Cahaya yang merupakan siswa dari kelas akselerasi mengakui OSN kali ini memang cukup berat persaingan. Tetapi dirinya bersyukur bisa menyumbangkan medali bagi Sumatera Utara. Dirinya bersama teman-teman dari Sutomo yang mengikuti pembekalan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara di Medan. Dia mengaku sangat bersyukur dengan materi saat pembekalan ternyata sangat efektif dengan diberi soal setiap hari empat. Bahkan, ada soal-soal baru yang tidak ada dalam belajar sehingga sangat membantu saat bertanding di Mataram.  

Selengkapnya...

Siswa kelas XII IPA 3, SMA Sutomo 1 Medan, Joandy Leonata Pratama meraih prestasi internasional dengan mendapatkan medali perunggu pada 8th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Suceava-Gura Humorului-Rumania yang diadakan 1-11 Agustus 2014. Demikian Disampaikan Joandy Leonata Pratama didampingi Kepala SMA Sutomo 1, Ir Khoe Tjok Tjin di Sekolah, Jalan Letkol Martinus Lubis Medan, Jumat (15/8).

Dia menjelaskan, untuk meraih prestasi internasional ternyata tidak mudah. Harus meraih prestasi berjenjang seperti menjadi juara pada seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional. “Di tingkat nasional saya berada di posisi dua dari 5 orang terbaik dan semua mendapat medali emas pada OSN di Bandung tahun 2013 lalu,”katanya.

Joandy menceritakan, untuk menjadi duta Indonesia di kancah internasional ternyata tidak mudah. Setelah meraih peringkat 2 nasional, dirinya diundang untuk mengikuti seleksi tahap pertama. Dari 7 peserta, hanya dirinya yang mewakili Kota Medan dan Sumatera Utara. Sementara keenam lainnya berasal dari SMA Santa Usula dan SMA Negeri MH Thamrin Jakarta, SMA Negeri 4 Berau-Kalimantan Barat, SMAN 1 Plus Riau, SMA Negeri 1 Kudus, dan SMA Negeri 3 Malang. “Indonesia meraih 6 medali, 3 perak dan 3 perunggu serta  satu honorable mention.

Selengkapnya...

alt

alt

Sosialisasi Pajak oleh Direktorat Jendral Pajak Di AULA SMA SUTOMO 1 MEDAN.

Sosialisasi diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI SMA.

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum

Medeline Wijaya

article thumbnail

  Pekanbaru, Riau (14/07).
Pewushu masa depan Sumut, Medeline Wijaya mendulang sukses di Kejurnas Wushu Junior 2012 di Pekanbaru 10 -13 July 2012.
Putri dari pasangan Bp. Rusli Abeng dan Ibu. Herlin [ ... ]


Siswa Sutomo 1 Raih Prestasi terbaik di Ajang Internasional

article thumbnail

Medan, (Analisa). Untuk kesekian kalinya prestasi terbaik ditorehkan oleh siswa SMA Sutomo 1 Medan dalam ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke -43 yang berlangsung di Estonia, 15-24 Juli 2012 [ ... ]


OSN 2011 - Menado

article thumbnail

Maretta Simon (Kelas 6C) dan Nicholas Tanvis (6E) mewakili Propinsi Sumatera Utara untuk bertanding di ajang Nasional pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 yang diselenggarakan pada tanggal 11-16 S [ ... ]


Tim Olimpiade Fisika Indonesia Raih Emas

article thumbnail

Prestasi terbaik kembali ditorehkan oleh siswa Indonesia pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke-43 yang berlangsung di Estonia, 15 – 24 Juli 2012 dan harus bersaing dengan 84 negara [ ... ]


IMSO 2011 di Philippina

article thumbnail

Setelah meraih medali perak pada ajang kompetisi 8th International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Nagacity, Philippina; Jeff Ivanos Gana kembali mewakili propinsi Sumatera Utara dan memba [ ... ]


Indonesia International Mathematics Competition (IIMC) 2011

article thumbnail

Edwin Winata Hartanto (6C / 25076) dan Bella Godiva (6E / 27895), Kedua siswa SD Sutomo 1 ini mewakili negara Indonesia pada Indonesia International Mathematics Competition (IIMC) 2011 atau kompeti [ ... ]