PENGUMUMAN :
SELAMAT DATANG DI SMA SUTOMO 1 | : LOWONGAN KERJA APRIL 2024 | : PENDAFTARAN MURID BARU SMA SUTOMO 1 T.P. 2024/2025 [Info Selengkapnya]
BERITA PRESTASI
Raih Medali Perunggu di Ajang IOI Gubsu Apresiasi Siswa SMA Sutomo 1
13 Mar 2023

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mengapresiasi keberhasilan siswa SMA Sutomo 1 Medan, Andrew yang meraih medali perunggu dalam ajang International Olympiad in Informatic (IOI) yang digelar di Yogyakarta belum lama ini.

Saat bertemu dengan Edy Rahmayadi, Andrew turut didampingi Kepala Sekolah SMA Sutomo 1 Medan, Ir. Khoe Tjok Tjin. "Selamat atas prestasi yang kamu raih. dan terima kasih telah membawa harum nama Sumut, " ujar Edy Rahmayadi.

Sementara Andrew sendiri kepada wartawan, Selasa (16/8) mengatakan bahwa ia tidak menyangka bisa meraih medali perunggu dalam ajang tersebut. "Yang pasti senang. Target saya paling tidak memang dapat medali di ajang International ini, " ujar siswa kelas 12 MIA 1 tersebut.

Sebelum melaju ke ajang IOI ini, Andrew sendiri pada tahun 2020 berhasil meraih medali emas pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN). "Sangat senang dan bersyukur bisa diberikan kesempatan dan mewakili Sumut ke ajang ini. Apalagi dukungan sekolah sangant penuh kepada saya, mulai dari Kepala Sekolah, guru-guru, teman-teman dan pemerintah, "sebutnya.

Dari sekolah ia mendapatkan pelatihan-pelatihan. Begitu juga dari pemerintah. "Sebelum kompetisi dimulai, kami dibekali pelatihan dulu. Kebetulan ada 8 orang perwakilan dari Indonesia yang ikut di Kompetisi ini dan kedelapannya dapat medali, "ujar siswa kelahiran 26 april 2004 tersebut.

Saat ini, Andrew juga sudah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di University of Toronto Kanada. " Saya ambil jurusan komputer sains. Karena kemarin ikut beasiswa Indonesia maju. Karena cita-cita saya memang ingin membangun software sendiri, "ujar putra pasangan Kasmadi dan Ailianty Chandra tersebut.

Pihak sekolah, kata Ir. Khoe Tjok Tjin selalu mendukung siswanya di berbagai kegiatan apapun. Sekolah akan melihat dan mengembangkan bakat siswanya di bidang apa. "Di Sutomo kita ada program setiap siswa kita didik sesuai minat dan bakat siswanya. Kita dukung penuh sampai mereka bisa ikut berkompetisi ke ajang international. " Sebutnya.

Di IOI ini juga katanya hampir setiap tahun ada perwakilan Sutomo yang ikut berkompetisi di ajang tersebut. " Selamat atas keberhasilannya Andrew. Semoga bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya untuk bisa berprestasi. Tetap semangat belajar. Apalagi sudah mendapatkan beasiswa yang nantinya bisa berbakti untuk negeri ini, "Ujarnya. (ns)